No Ngantri di Pintu Tol

No Ngantri di Pintu Tol

Indonesia siap menerapkan sistem transaksi tol non tunai nirsentuh. Diperkirakan berlaku per 2022. 

Gaesss, Indonesia siap menyambut teknologi pembayaran baru yang akan diterapkan di jalan tol per 2022 mendatang. Roatex Ltd, perusahaan asal Hongaria, ditetapkan sebagai pemenang tender untuk proyek penerapan sistem transaksi tol non tunai nirsentuh berbasis Multilane Free Flow (MLFF). 

Berbasis teknologi sistem navigasi satelit (Global Navigation Satellite System (GNSS)), Roatex Ltd berencana memulai konstruksi tersebut di jalan-jalan tol Indonesia pada pertengahan tahun ini. Dengan begitu, diharapkan pada awal 2022, sebagian jalan tol di Indonesia sudah bisa menggunakan sistem transaksi tol nirsentuh. Targetnya di akhir 2022, diharapkan semua jalan tol di Pulau Jawa dan Bali sudah menerapkan sistem MLFF. 

Dengan diberlakukannya sistem MLFF, diharapkan dapat mempermudah pengguna jalan ketika melalui tol tanpa hambatan harus mengantri untuk melakukan pembayaran di gardu. Lebih efisien juga nih Sob, karena disinyalir dapat mengurangi tingkat kemacetan pada jam-jam padat. 

Pada saatnya nanti, setiap kendaraan atau pengguna jalan tol akan diperkenalkan dengan perangkat e-Obu (aplikasi smartphone), atau Onboard Unit (OBU) atau tiket perjalanan (road ticket) bagi yang hanya sekali jalan. Perangkat ini tidak membebani pengguna dan dapat diunduh dengan mudah melalui smartphone. 

For info Sob, MLFF itu terbagi lagi menjadi 3 jenis teknologi. Radio Frequency Identification (RFID), DSRC (dedicated short-range communication), dan Global Navigation Satellite System (GNSS) seperti yang akan diterapkan oleh Roatex. 

GNSS inilah yang nantinya digunakan untuk menggantikan mesin pembaca uang elektronik. GNSS merupakan sistem pembayaran yang menggunakan alat yang dipasang di mobil dan dibaca lewat satelit. 

Itu artinya untuk mengapliksikan GNSS tak perlu memasang infrastruktur, seperti gerbang tol. Nantinya akan ada alat yang dipasang di mobil (OBU – dalam bentuk aplikasi smartphone) yang menerima sinyal GNSS dari satelit secara berkala untuk jadi bahan perhitungan posisinya dan disimpan sebagai CDR (Charges Data Record). 

Data ini kemudian akan dikirimkan ke perangkat TSP (Toll Service Provider) melalui jaringan wireless (GPRS, umts, dsb) untuk memverifikasi jalur tol yang digunakan dan menghitung tarif yang akan dibebankan ke pengguna. 

Pemberlakuan teknologi ini merupakan implementasi dari keinginan pemerintah Hungaria dan Roatex Ltd untuk berbagi pengalaman mereka yang sudah lebih dulu menerapkan sistem MLFF selama lebih dari 7 tahun terakhir Sob! Indonesia dipilih karena merupakan salah satu negara terbesar di Asia Tenggara dan Hungaria ingin menjalin kerja sama dengan Indonesia. 

Waaah keren nih! Lewat jalan tol tinggal wusshh!

Untuk pembelian kendaraan Toyota, selalu lakukan pembelian ke dealer resmi kami, Tunas Toyota Serang

Info Promo klik:
dealertoyotaserang.com

Tunas Toyota Serang
Jl. Jenderal Sudirman No. 1A, Kemang – Serang
R I N O
087871400009
081290000205

Stay Connected

Delivery Customer

Random Model

New Alphard
3 Type
Harga Mulai :
1,069,800,000
New Agya
5 Type
Harga Mulai :
147.350.000
Calya
4 Type
Harga Mulai :
146,700,000

Visitor

018476
Users Today : 64
Users Yesterday : 81
This Month : 1294
This Year : 17355
Total Users : 18476
Views Today : 297
Total views : 43610
Who's Online : 1
Your IP Address : 3.230.144.31
Server Time : 2021-09-22